Sabtu, 12 Mac 2011

pengetahuan tentang dunia ini

Dunia ini adalah sebuah panggung atau pasar yg disinggahi oleh para musafir ditengah perjalanannya ketempat lain.Di sinilah mereka mempersiapkan dengan berbagai perbekalan untuk perjalanannya itu.Jelasnya, disini Manusia dengan menggunakan indra indra jasmaniahnya,memperoleh sejumlah pengetahuan tentang karya karya Allah, melalui karya tersebut dan tentang Allah sendiri.Suatu pandangan/pengetahuan dan perenungan tentang Allah akan menentukan kebahagiaan masa depannya.untuk memperoleh pengetahuan inilah ruh manusia diturunkan ke alam air dan lempung ini. Selama indra indra nya masih tinggal bersamanya/masih hidup di dunia ini.Jika kesmuanya  itu telah pergi dan hanya sifat2 esensialnya saja yg tertinggal yg berarti ia telah pergi ke alam lain/akhirat.

Manusia berada di dunia ini hanya ada 2 hal yg diperlukan baginya.Pertama:perlindungan dan pemeliharaan jiwanya, kedua: Perawatan dan pemeliharaan atas Jasadnya.Pemeliharaan yg benar atas jiwanya sebagaimana disebut diatas adalah Pengetahuan dan Cinta akan Tuhannya.Terserap kedalam kecintaan akan segala sesuatu yg selain Allah berarti keruntuhan Jiwanya.Jasad bisa dikatakan sebagai sekedar hewan tunggangan jiwa dan akan musnah, sementara Jiwanya terus abadi.Jiwa harus merawat badan persis sebagaimana seorang pesiarah dalam perjalanannya ke mekka,merawat ontanya. Tetapi jika sang pesiarah menghabiskan waktunya untuk memberi makan dan menghiasi ontanya, kafilah akan meninggalkannya dan ia akan mati dalam perjalanannya.

Kebutuhan jasmaniah manusia itu sangat sederhanan, hanya terdiri dari tiga hal, Makan, Pakaian, Tempat tinggal. Tetapi nafsu nafsu yg tertanam dalam dirinya dan keinginan untuk pemenuhannya cendrung untuk memberontak melawan nalar yg lebih belakangan tumbuh dari nafsu nafsu itu.Sesuai dengan itu semua,sebagaimana kita lihat diatas, nafsu nafsu itu harus dikekang dan dikendalikan dengan hukum hukum Tuhan yg disebarkan oleh para Nabi.

Sedangkan dunia yg akan kita uraikan ini, kita dapat mengkelompokkan dalam tiga bagian yaitu: Hewan, Tumbuh2an dan Barang tambang.Produk2 dari ketiga nya terus menerus dibutuhkan oleh manusia dan telah mengembangkan tiga pekerjaan besar.pekerjaan para penenun,pembangun dan pekerja logam, sekali lagi ketiganya itu memiliki banyak cabang yg lebih rendah,seperti penjahit tukan batu dan tukan besi.interaksi ketinya ini tidak bisa terlepas satu sama lain.Hal ini menimbulkan berbagai hubungan dan sering kali mengakibatkan kebencian,iri hati, cemburu dll penyakit jiwa. karenanya timbullah pertengkaran dan perselisian,baik politik maupun hukum serta sipil.

Demikian kehidupan dunia ini telah menjadi semakin rumit dan menimbulkan kekacauan. Sebab utamanya adalah karena manusia telah lupa, bahwa kebutuhan manusia itu hanya tiga, yaitu pakaian, makanan dan tempat tinggal dan bahwa semua itu A D A hanya demi menjadikan jasad sebagai kendaraan yg layak bagi jiwa dan dirinya sendiri. Seseorang pasti akan terpikat dan tersibukkan oleh dunia yg dikatakan oleh Rasulullah saw. sebahai tukang sihir yg lebih kuat daripada Harut dam marut( Kitab Kamiyatus Sa-adah ) kecuali orang tersebut mengawasi dirinya dengan ketat sekali.

Watak penipu ( tukang sihir ) dari dunia ini bisa mengambil berbagai bentuk( menyerupahi ), pertama ia berpura2 seakan akan bakal selalu tinggal bersama anda,tetapi kenyataannya ia pelan2 menyingkir dari anda dan menyampaikan salam perpisahan, sebagaimana suatu bayangan yg kelihatan tetap tetapi nyatanya selalu bergerak

Demikian pula, dunia menampakkan dirinya dibalik kedok nenek sihir yg berseri seri tetapi tidak bermoral, berpura pura
mencintai anda, menyayangi anda dan kemudian membelot kepada musuh anda, meninggalkan anda mati merana karena rasa kecewadan putus asa.Diriwayatkan di(kitab kamiyatus sa-adat)bahwa Isa as,terungkapkan bahwa dunia ini memperlihatkan dirinya dalam bentuk seorang wanita tua yg buruk muka.Ia bertanya kepada wanita itu, berapa banyak suami yg pernah dimiliki, dan mendapatkan jawaban,jumlahnya tak terhitung.Ia bertanya lagi,telah matikah mereka ataukah diceraikan ..?,kata si wanita itu,ia telah membunuh mereka semua."Saya heran " kata Isa,as. atas orang2 bodoh yg melihat perbuatan anda itu kepada orang lain,tetapi masih banyak orang yg menginginkanmu". Wanita sihir ini berpakaian yg indah2 dan penuh permata,menutupi mukanya dengan cadar,kemudian merayu manusia ( termasuk diri penulis ).diriwayatkan juga dlm kitb yg sama,Rasulullah bersabda, bahwa,di hari pengadilan, dunia ini akan tampak dalam wujud nenek sihir yg seram, dengan mata yg hijau dan gigi bertonjolan. Orang2 yg melihatnya akan berkata" Ya Ampun, siapa orang ini".Malaikat akan menjawabnya," ini dunia yg engkau bangga banggakan, dan demi dia engkau bertengkar dan berkelai serta saling merusak satu sama lain.Kemudian wanita itu dicampakkanke dalam neraka sambil menjerit2," Oh Tuhan, dimanakah pecinta pecintaku dahulu", Tuhan pun kemudian memerintahkan agarmereka juga dilemparkan mengikutinya.
 Siapa pun yg mau secara serius merenung tentang keabadian yg telah lalu, yaitu selama dunia ini belum ada dan keabadian masa depan saat dunia ini telah tiada  maka akan melihat bahwa kehidupan ini seperti sebuah perjalanan yg babakannya dicerminkan oleh tahun, lga liga, oleh bulan, mil oleh hari dan langkah2 oleh oleh saat.Ungkapan apa yg bisa menggambarkan ketololan manusia yg berupaya untuk menjadikan dunia ini tempat tinggal yg abadi dan membuat rencana2 untuk sepuluh tahun mendatang, yg boleh jadi tak pernah ia butuhkan, karena sangat mungkin sepuluh hari lagi ia telah berada dibawa tanah.
 Orang orang yg telah mengumbar diri tanpa batas dengan kesenangan dunia ini, pada saat kematiannya akan seperti seseorang yg telah memenuhi perutnya dengan bahan makanan terpilih dan lezat kemudian memuntahkannya. Kelezatannya telah hilang  tetapi ketidak enakkannya akan tetap tertinggal.Makin berlimpah harta yg mereka nikamati, keindahan dan wanita atau lakilaki dll maka akan semakin keraslah mereka rasakan kepahitan berpisah dari semua itu.Kepahitan ini akan terasa lebih berat dari kematian, karena jiwa yg telah menjadi tamak dan menjadi kebiasaan tetap akan menderita di dunia yg akan datang akibat nafsu nafsu yg tak terpuasi
 Sifat berbahaya lainnya dari benda2 duniawi adalah pada mulanya benda2 itu tampak sekedar hal2 sepele, tetapi hal2 yg dianggap sepele ini masing2 bercabang tak terhitung banyaknya sampai menelan seluruh waktu  dan energi manusia.Diriwayatkan dalam kitab yg sama,Isa,as." Pecinta dunia ini seperti seseorang yg minum air laut, makin banyak minum makin hauslah ia, sampai akhirnya mati akibat kehausan yg tak terpuasi

Tiada ulasan:

Catat Ulasan